Putih Abu-Abu: Sukses Secara Rating, Jejaring Sosial, dan“Kamseupay”

APA standar sukses sebuah sinetron? Kalau jawabannya rating, ada puluhan bahkan ratusan judul masuk kategori ini. Namun Putih Abu-abu (PAA), berhasil mencetak sukses lebih dari sekadar rating tinggi.

Sebelumnya, mari menengok sinopsis global PAA. Sinetron rilisan Screenplay Productions ini berkisah tentang cewek bernama Nina (Feby Blink) yang pindah ke Jakarta setelah ibu kandungnya meninggal. Di Jakarta, ia diasuh Taufik (Hikmal Abrar). Di rumah ini ia berkenalan dengan Andre (Derby Romero) dan Kelvin (Eza Gionino). Ketiganya belajar di sekolah yang sama. Kelvin dan pacarnya, Angel (Kharisma Adi Bing Slamet), mulanya amat membenci Nina. Tapi perlahan, Kelvin malah tertarik pada gadis lugu ini.

Pengembangan cerita lebih fokus pada kehidupan Nina di sekolah, yang kemudian bergabung dengan girlband Blink. Blink bersaing ketat dengan girlband Lollypop yang dipimpin Angel. Lalu apa menariknya? Eksekusinya. Banyak sinetron yang berhasil menciptakan suasana yang remaja banget. PAA lebih dari sekadar itu.

Sinetron harian ini juga banyak menyelipkan hal-hal yang sedang ngetren, alias banyak dibicarakan masyarakat umum. Angel yang bertingkah bak ratu sejagad, menjuluki Nina dan teman-temannya yang kampungan dengan sebutan “Kamseupay”. Tahu dong, istilah ini dipopulerkan oleh siapa?

Dalam sebuah episode, Angel juga pernah berujar ingin girlbandnya “go international”. Karakter ini dengan lantang berteriak, “dream, believe, make it happen!” Well, tentu familiar dong dengan jargon-jargon di atas?

PAA juga sukses menciptakan tren di dunia maya. Bermunculan akun resmi karakter PAA. Ya, akun karakter dalam sinetron, bukan artis yang memerankannya. Followernya pun mencapai puluhan ribu. Per 5 Juni, @KareninaKelana punya 67 ribu follower, juga @AngelnyaKelvin (63 ribu), @darwinjual (51 ribu), @dhimaspriyadi (22 ribu), dan @romeobilang yang memegang rekor dengan 151 ribu follower. Oya yang paling baru, ada @MamaEceng yang udah punya 7 ribu follower.

Imbasnya, banyak netizen yang mengaku-ngaku. Muncul akun yang mengatasnamakan tokoh dalam PAA, seperti Andre atau Kelvin, padahal 2 karakter ini tidak/belum dibuatkan akun Twitter. Sinetron yang tayang di SCTV ini juga terlihat lebih wah dengan hadirnya bintang tamu. Kevin Aprillo, 7 Icons, JKT48, Junas Monkey, Dimas Anggara, dan beberapa nama lain sempat tampil di PAA. Tak lupa, PAA menyelipkan pesan-pesan kepada penontonnya yang mayoritas remaja. Dalam tayangan semalam, Senin (4/6), PAA membahas tentang pentingnya go green. Tentunya dengan cara yang tidak menggurui.

Prestasi PAA tidak sampai di situ. SCTV bahkan membuatkan Konser Istimewa Putih Abu-Abu. Sebuah tayangan langsung berkonsep drama musikal yang dibintangi pemain-pemain PAA, plus bintang tamu seperti SM*SH, 7 Icons, Cherrybelle, Dragon Boyz, dan banyak lagi. Ratingnya pun luar biasa. Lagu dari girlband fiktif Lollypop yang berjudul Kamseupay pun banyak dicari remaja di dunia maya.

Dari jumlah episode yang masih di kisaran 110-an, PAA mungkin masih terbilang muda. Namun jika dilihat dari prestasinya menciptakan kehebohan di jejaring sosial , membuat lagu Kamseupay menjadi perbincangan, sampai konser musikal yang sukses; rasanya baru PAA yang mampu melakukan hal itu. Kejutan apalagi ya yang akan dibuat Jessica Ruby dan Alexander Thian sebagai penulis cerita dan skenarionya?

0 komentar:

Post a Comment