Film Soegija Jamin Tak Bawa Misi Sebarkan Agama

Film Soegija Jamin Tak Bawa Misi Sebarkan AgamaJAKARTA- Banyak orang menilai film Soegija merupakan film yang membawa misi kristenisasi untuk orang lain seperti yang ramai dibicarakan di jejaring sosial.

Namun, sebagai pemain, Butet Kartarajasa memastikan bahwa film Soegija ini bukan film yang dapat mempengaruhi keimanan seseorang. Bahkan, rekannya yang muslim tertarik untuk menyaksikan film tentang uskup Katolik di pesantrennya.

"Semalam dengar isu itu, saya punya kenalan orang muslim Gus Yusuf dan tertarik untuk ditonton di pesantrennya. Ini saya pastikan bukan film kristenisasi. Di Twitter itu orang jadi paranoid, masa gara-gara film orang bisa berubah keimanan," tegas Butet dalam jumpa pers film Soegija di Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski belum melihat filmnya secara keseluruhan, tapi Nirwan Dewanto meyakini bahwa film Soegija bukan film biopic dan tidak mempengaruhi keimanan oranglain. Film ini menceritakan tentang renungan setelah kemerdekaan.

"Harapan masyarakat dari film terlalu tinggi, ini bukan film biopic seperti Sang Pencerah dan sebagainya. Ini bukan tentang Soegija tapi visi atau renungan yang terjadi di revolusi kemerdekaan (40-49)," timpal Nirwan yang memerankan tokoh Soegija.

Soegija merupakan film yang mengangkat tentang uskup pertama di Hindia Belanda di jaman kemerdekaan. Karena mengangkat tentang tokoh kristen, film garapan Garin Nugroho ini dianggap membawa misi kristenisasi.

Sumber : http://celebrity.okezone.com

0 komentar:

Post a Comment